SEKILAS INFO
: - Monday, 16-05-2022
  • 1 tahun yang lalu / Seluruh siswa SMP Satya Dharma Sudjana, ayo persiapkan diri kalian dengan belajar materi dari awal semester 2 TP. 2021/2022 karena mulai buala Februari 2022 kalian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Ulangan Harian menggunakan fasilitas Computer Based Test (CBT). Semoga sukses selalu. (Rd)
  • 1 tahun yang lalu / Education 1.0, Education 2.0, Atau Education 3.0; Anda Berada Di Posisi Mana?
  • 1 tahun yang lalu / Apa Yang Harus Kita Berikan Kepada Murid Berdasarkan Teori Psikologi?
PRAMUKA

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya. Pramuka merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Kepramukaan merupakan wadah proses pendidikan non formal dalam pembentukan karakter generasi bangsa yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout).

Adapun tingkatan anggota gerakan Pramuka terdiri dari;

  1. Siaga (usia 7-10 tahun)
  2. Penggalang (usia 11-15 tahun)
  3. Penegak (usia 16-20 tahun)
  4. Pandega (usia 21-25 tahun)

Kegiatan Kepramukaan biasanya dilakukan di alam terbuka dimana terdapat aktivitas yang menyenangkan, menarik, sehat, terarah, sesuai dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Pengertian Pramuka Menurut Para Ahli

  1. Menurut Joko Mursitho, Pramuka adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik.
  2. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014, Pramuka adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, di bawah tanggung jawab anggota dewasa, yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.
  3. Menurut KBBI, Pramuka adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Tujuan Kegiatan Kepramukaan

Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.

Mengacu pada pengertian Pramuka di atas, tujuannya adalah sebagai berikut;

  1. Membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda.
  2. Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda.
  3. Menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakta dan negara.

(foto kegiatan latihan pramuka SMP Satya Dharma Sudjana)

Fungsi Pramuka

Dalam proses pencapaian tujuan kegiatan Kepramukaan, ada beberapa fungsi Pramuka yang harus dilaksanakan, yaitu;

  1. Kegiatan Bagi Generasi Muda. Setiap generasi muda membutuhkan kegiatan yang menyenangkan dan sekaligus mendidik agar mereka menjadi individu yang lebih baik. Kegiatan tersebut harus menghibur, menyenangkan, mempunyai tujuan, sehat, dan terarah.
  2. Pengabdian Bagi Orang Dewasa. Bagi orang dewasa, kegiatan Pramuka merupakan suatu tugas yang diemban dengan iklas, kerelaan, dan pengabdian. Melalui kegiatan Pramuka inilah orang dewasa dapat membaktikan dirinya secara sukarela demi untuk mencapai tujuan Kepramukaan.
  3. Alat Bagi Organisasi dan Masyarakat. Dalam perkembangannya, Pramuka memiliki peran sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan/ tujuan masyarakat dan organisasi Kepramukaan. Artinya, setiap kegiatan Pramuka dalam bentuk latihan berkala adalah suatu upaya untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, baik masyarakat maupun organisasi.

(foto kegiatan latihan pramuka SMP Satya Dharma Sudjana)

Pramuka SMP Satya Dharma Sudjana

Gerakan pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler wajib unggulan di SMP Satya Dharma Sudjana. Ekstrakurikuler Pramuka SMP Satya Dharma Sudjana telah mengantongi berbagai prestasi pada ajang kompetisi bergengsi tingkat kabupaten sampai dengan nasional. Sebagai salah satu organisasi pendidikan non-formal, gerakan pramuka SMP Satya Dharma Sudjana merupakan wadah pembentukan karakter peserta didik.

Gerakan Pramuka Pangkalan SMP Satya Dharma Sudjana memiliki nomor Gugus Depan Lampung Tengah 009-010.

Pembentukan karakter melalui pendidikan pramuka bagi peserta didik tidak terlepas dari struktur kepengurusan yang terorganisir. Sehingga tujuan utama daam pembinaan dapat tercapai dengan program kerja yang jelas.

Adapun struktur kepengurusan gerakan pramuka SMP Satya Dharma Sudjana yang dibentuk melalui musyawarah gugus depan sebagai berikut:

Ka.Mabigus : Drs Agus Yudhi Untoro.

Ka. Gudep : Sutrisno, S.Pd.

Sekertaris : Rudy Herianto, A.Md.

Bendahara : Dra. Emyati.

(foto kegiatan latihan pramuka SMP Satya Dharma Sudjana)

TINGGALKAN KOMENTAR

Kontak Kami

SMP Satya Dharma Sudjana

Alamat :  Komplek PT. GMP Jalan Raya Menggala KM. 90, Terusan Nunyai, Lampung Tengah, Lampung 34167

Telp. (0725) 561700

Email : info@smpsds.sch.id

Pengumuman Terbaru

PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TP. 2020/2021

Angket Pesertujuan KBM Tatap Muka

Tugas Mana E-Learningku Yang Belum Selesai?