SEKILAS INFO
: - Sunday, 05-02-2023
  • 2 tahun yang lalu / Seluruh siswa SMP Satya Dharma Sudjana, ayo persiapkan diri kalian dengan belajar materi dari awal semester 2 TP. 2021/2022 karena mulai buala Februari 2022 kalian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Ulangan Harian menggunakan fasilitas Computer Based Test (CBT). Semoga sukses selalu. (Rd)
  • 2 tahun yang lalu / Education 1.0, Education 2.0, Atau Education 3.0; Anda Berada Di Posisi Mana?
  • 2 tahun yang lalu / Apa Yang Harus Kita Berikan Kepada Murid Berdasarkan Teori Psikologi?
Kumpulan Kata-kata Bijak Tentang Guru

Meski jasa dan dedikasi guru tak terbalaskan, setidaknya kamu dapat memberikan kata-kata mutiara sebagai wujud terima kasih kepada mereka.

Guru merupakan salah satu sosok yang sangat berjasa bagi hampir semua orang. Tanpa adanya guru, akan sangat sulit untuk mewujudkan cita-cita atau memajukan sebuah bangsa.

Di sekolah, guru tak hanya mengajarkan materi pelajaran sesuai kurikulum saja, tetapi juga harus mampu mendidik murid-muridnya menjadi pribadi lebih baik. Bahkan, guru pun harus bersabar ketika menghadapi murid yang bandel atau membutuhkan bantuan untuk meningkatkan nilai akademiknya.

Jasa dan dedikasi guru dalam mendidik tentu saja tidak dapat terbalaskan. Sebagai salah satu wujud tanda terima kasih, kamu bisa memberikan ucapan pada gurumu atau menuliskan caption di media sosial dengan kata-kata bijak untuk guru.

Kata Kata Motivasi Pendidikan Pilihan Terbaik

Berikut kata-kata bijak dan kata-kata mutiara tentang guru

Berikut kata-kata bijak dan kata-kata mutiara tentang guru

1. “To teach is to learn twice.” – Joseph Joubert (Mengajar adalah belajar dua kali.)

2. “What greater or better gift can we offer the republic than to teach and instruct our youth?” – Marcus T. Cicero (Hadiah lebih indah apa yang dapat kita tawarkan pada negara selain mengajar orang muda?)

3. “He who opens a school door closes a prison.” – Victor Hugo (Dia yang membuka sekolah, menutup sebuah penjara.)

4. “Seni tertinggi guru adalah membangkitkan kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan.” – Albert Einstein

5. “Educators are the only people who lose sleep over other people’s kids.” -Nicholas A. Ferroni (Guru adalah satu-satunya orang yang kehilangan tidur karena anak orang lain.)

6. “Not all superheroes have capes, some have Teaching Degrees.”- Unknown (Tidak semua superhero menggunakan jubah, sebagian memiliki Sarjana Pendidikan.)

7. “A truly amazing teacher is hard to find, difficult to part with, and impossible to forget.”- Unknown (Guru yang luar biasa sulit ditemukan, terasa sangat sulit ketika harus dipisahkan, dan tidak mungkin dilupakan.)

8. “Orangtua kami memberikan kami hidup, dan engkau mengajari kami cara menjalaninya. Jasamu akan selalu kekal abadi. Selamat Hari Guru.”

9. “Terimakasih karena engkau telah memberikan ilmu yang bermanfaat dan menjadi bekal dalam hidup.”

10. “Karena seorang guru selalu mengajarkan kita untuk menghafal dan mengingat, bukan untuk melupakan. Terimakasih guru.”

11. “Kepada guru-guru yang ku hormati, tak henti kami mendoakan, mengisahkan, dan membanggakanmu.”

12. “Seorang guru itu adalah orang yang memengaruhi keabadian serta tidak pernah bisa mengungkapkan dimana pengaruhnya berhenti.”

13. “Seorang guru itu adalah orang yang memengaruhi keabadian serta tidak pernah bisa mengungkapkan dimana pengaruhnya berhenti.”

14. “Mereka yang tahu, lakukan. Mereka yang mengerti, mengajar.” – Aristoteles

15. “Guru yang baik dapat menginspirasi harapan, menyalakan imajinasi, dan menanamkan kecintaan belajar.” – Brad Henry

16. “Setiap guru yang baik tahu betapa pentingnya berhubungan dengan siswa dan memahami budaya kita.” – Adora Svitak

17. “Guru memengaruhi keabadian; tidak ada yang tahu di mana pengaruh mereka berhenti.” – Henry Brooks Adams

18. “Dalam belajar kamu akan mengajar, dan dalam mengajar kamu akan belajar.” – Phil Collins

19. “Tujuan mengajar seorang anak adalah untuk memungkinkannya bergaul tanpa seorang guru.” – Elbert Hubbard

20. “Tugas pendidik modern bukanlah menebang hutan, tetapi mengairi gurun.” – CS Lewis

Kutipan Bahasa Inggris Para Tokoh hingga Pemimpin Dunia tentang Guru

21. “If you can read this, thank a teacher.”- American Proverb (Jika kamu bisa membaca ini, berterimakasihlah pada guru.)

22. “When educating the minds of our youth, we must not forget to educate their hearts.”- Dalai Lama (Saat mengedukasi pikiran dan pengetahuan anak muda, jangan lupa edukasi pula hati mereka.)

23. “A good teacher is like a candle – it consumes itself to light the way for others.”- Mustafa Kemal Ataturk (Guru yang baik itu seperti lilin, mereka ‘mengonsumsi’ dirinya sendiri untuk menerangkan jalan bagi orang lain.)

24. “A teacher is a compass that activates the magnets of curiosity, knowledge, and wisdom in the pupils.”- Ever Garrison (Seorang guru adalah kompas yang mengaktifkan rasa penasaran, pengetahuan dan kebijaksanaan.)

25. “The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires.” – William Arthur Ward (Guru yang biasa memberitahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang superior mencontohkan. Guru yang luar biasa menginspirasi.)

26. “They may forget what you said, but they will never forget how you made them feel.”- Carl W. Buechner (Murid mungkin melupakan apa yang guru ucapkan, tapi murid tidak akan melupakan bagaimana guru membuat seorang murid merasakan.)

27. “Children are likely to live up to what you believe of them.” – Lady Bird Johnson (Kemungkinan besar, anak-anak tumbuh menjadi sosok yang Anda percaya tentang mereka.”

28. “The great teacher is not the man who supplies the most facts, but the one in whose presence we become different people.”- Ralph Waldo Emerson (Guru yang luar biasa tidak hanya memberikan fakta, tetapi membuat muridnya menjadi orang yang lebih baik.)

29. “I am indebted to my father for living, but to my teacher for living well.” – Alexander the Great “Aku berhutang pada ayahku atas kehidupan ini, sedangkan pada guruku atas kehidupan yang nyaman.)

30. “The task of the excellent teacher is to stimulate ‘apparently ordinary’ people to unusual effort. The tough problem is not in identifying winners: it is in making winners out of ordinary people.” K. Patricia Cross (Tugas guru yang sempurna adalah mendorong murid-murid biasa untuk melakukan hal tidak biasa. Tugas yang sulit bukanlah mengidentifikasi pemenang, melainkan membuat pemenang dari murid yang biasa.)

31. “Summer vacation is the time when parents realize teachers are grossly underpaid.”- Unknown (Libur sekolah merupakan momen orang tua menyadari betapa minimnya gaji guru.)

32. “Everyone who remembers his own education remembers teachers, not methods and techniques. The teacher is the heart of the educational system.” – Sidney Hook (Semua yang mengingat edukasinya sendiri pasti mengingat gurunya, bukan metode atau tekniknya. Guru adalah jantung dari sistem edukasi.)

33. “Teaching is not just a job. It is a human service, and it must be thought of as a mission.”- Dr. Ralph Tyler (Mengajar bukan sekadar pekerjaan, melainkan pelayanan yang harus dianggap sebagai sebuah misi.)

34. “Give me a fish and I eat for a day. Teach me to fish and I eat for a lifetime.” – Chinese Proverb (Berikan aku ikan untuk kusantap dalam satu hari. Ajari aku menangkap ikan untuk kumakan sepanjang hidupku.)

35. “Nine-tenths of education is encouragement.”- Anatole France (Sembilan per sepuluh dari mengedukasi adalah memberi semangat.)

36. “Being able to help someone learn something is a talent.” – Margaret Riel (Memiliki kemampuan untuk membantu orang lain belajar adalah sebuah talenta.)

37. “A good teacher can inspire hope; ignite the imagination, and instill a love of learning.” – Brad Henry (Guru yang baik dapat memberi harapan, merangsang imajinasi, dan menambah rasa cinta untuk belajar.)

38. “Better than a thousand days of diligent study is one day with a great teacher.” – Japanese Proverb (Hal yang lebih baik dari belajar sungguh-sungguh selama seribu hari adalah menghabiskan satu hari dengan guru yang luar biasa.)

39. “Those who know, do. Those who understand, teach.”- Aristotle (Mereka yang tahu, lakukan. Mereka yang memahami, ajarkan.)

40. “Ilmu yang telah engkau ajarkan adalah hadiah paling indah yang pernah engkau berikan. Terimakasih guruku.”

41. “Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. Seseorang yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar.”

42. “Selamat Hari Guru Sedunia! Kata-kata, sikap, dan tindakan Anda telah membuat perbedaan positif dalam pengasuhan anak-anak kita! Kami benar-benar berterima kasih kepada Anda para guru.”

43. “Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bukan karena tidak berjasa tapi karena kita tidak bisa membalas jasanya. Terima kasih guru.”

44. “Guruku, engkau cahaya yang selalu menerangi setiap kegelapan. Semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan.”

45. “Terima kasih telah sabar mendidikku dan tak pernah lelah memberikan ilmu kepadaku.”

46. “Guru adalah ujung tombak generasi tunas bangsa, gurulah yang pertama mengukir akan dijadikan apa generasi muda ini.”

47. “Wahai guru tanpa lelah engkau membimbing anak muridmu. Terimakasih atas jasamu yang tak terhingga. Selamat Hari Guru Sedunia.”

48. “Tidak semua orang memiliki hati emas, dan dedikasi seperti itu, tapi Anda memilikinya. Anda adalah individu yang benar-benar menginspirasi karena telah mengajarkan lebih dari sekadar kurikulum. Selamat Hari Guru Sedunia.”

49. “Guru adalah anggota masyarakat yang paling bertanggung jawab dan penting karena upaya profesional mereka mempengaruhi nasib bumi.” – Helen Caldicott

50. “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.” – Nelson Mandela.

Kata-kata bijak untuk guru yang penuh makna.

1. “Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar.”

2. “Seorang guru itu adalah orang yang menyentuh masa depan.”

3. “Seorang guru itu adalah orang yang senantiasa memahami seperti apa muridnya dan bagaimana mendidiknya lebih baik”

4. “Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh, tapi guru yang baik selalu bilang, ‘Muridku belum bisa’.”

5. “Guru yang baik itu ibarat lilin, membakar dirinya sendiri demi menerangi orang lain.”

6. “Menjadi pendidik adalah salah satu perbuatan baik tanpa syarat.”

7. “Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan.” – Tan Malaka

8. “Tak ada yang lebih membuat murid gembira selain berhasil mempelajari sesuatu. Dan tak ada yang membuat seorang guru gembira selain menemukan cara untuk mengajari muridnya.” – Andrea Hirata

9. “Guru terbaik adalah guru yang tak kenal lelah mencari cara agar muridnya mengerti.” – Andrea Hirata

10. “Menjadi guru adalah panggilan jiwa. Kita akan sangat kesulitan memajukan pendidikan jika seseorang ingin menjadi guru sekadar untuk mencari nafkah.” – Andrea Hirata

11. “Yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar.”

12. “Mungkin guru bukanlah orang terpintar atau tersukses di muka bumi. Namun guru mampu membimbingmu menuju kesuksesan.”

13. “Jika ingin berkah harta, berbaktilah kepada orang tua. Jika ingin berkah ilmu, berbaktilah pada guru.”

14. “Bukan harta yang harus kita berikan untuk menghormati guru, bukan benda yang harus kita berikan untuk membuat senang hati guru. Tapi sikap kita dan penghormatan kita kepadanya yang bisa membuatnya senang.”

15. “Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.” – Ki Hadjar Dewantara

16. “Seorang guru itu adalah orang yang mengajarkan kemudahan, bukan malah menjelaskan kerumitan.”

17. “Terima kasih untuk semua guru yang pernah memberi pelajaran karena dengan upaya keras mereka, dunia menjadi tempat yang menakjubkan.”

18. “Guru yang bijak ialah mereka yang mengajar sesuai dengan apa yang siswa butuhkan. Tidak semata-mata harus berdasarkan kurikulum yang kaku dan membelenggu.”

19. “Guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah.”

20. “Sepandai apa pun seorang siswa, peran guru tetap sangat penting sebagai pendidik dan pembimbing.”

21. “Barang siapa yang menyakiti guru, maka ia tidak akan bisa mendapatkan barokahnya ilmu.”

22. “Seorang guru yang jujur perlu berniat supaya muridnya lebih pintar darinya. Dan seorang murid yang jujur pula perlu mengakui kepintaran gurunya.”

23. “Ilmu yang kau sampaikan semoga bermanfaat, sehingga kelak menjadi syafaat bagi hidupmu di akhirat.”

24. “Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong, pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran.”

25. “Dan barang siapa menjalani akan suatu jalan untuk mencari ilmu pengetahuan, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” – HR Muslim

26. “Guru, kegigihanmu dalam mendidik tidak akan pernah kami lupakan.”

27. “Guruku, pertemuan dan perpisahan itu biasa. Namun berpisah denganmu akan menjadi sesuatu yang berat untuk aku rasa.”

28. “Seorang guru ibarat sebuah pelita. Dengan ilmunya, seorang guru dapat memberikan penerangan kepada murid-muridnya sehingga mereka dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.”

29. “Guru bak pelita penerang dalam gulita, jasamu tiada tara.”

30. “Untuk semua guru yang mulia, jasa kalian akan selalu kami kenang. Tetaplah menjadi pelita untuk anak bangsa.”

31. “Guru favorit adalah kehadirannya dirindukan, kata-katanya menginspirasi, sikapnya diteladani, dan nasihatnya menyejukkan hati.”

32. “Orang yang mendidik anak-anak itu lebih dihormati daripada orang tua, jika orang tua hanya memberikan nafkah hidup, maka pendidik memberikan seni kehidupan dengan baik.”

33. “Teknologi hanyalah sebuah alat. Dalam hal membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi, gurulah yang paling utama.”

34. “Seorang guru itu adalah orang yang mengajar untuk menciptakan semua profesi.”

35. “Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. Siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar.”

36. “Ilmu yang telah engkau ajarkan adalah hadiah paling indah yang pernah engkau berikan. Terima kasih guru.”

37. “Terima kasih atas bimbingan dan ilmunya yang bermanfaat, amal kalian akan terus mengalir seiring dengan bermanfaatnya ilmu yang engkau berikan.”

38. “Terima kasih guruku yang telah memberiku berjuta pengalaman hidup dan berjuta ilmu pengetahuan.”

39. “Guru yang baik itu sangat bijaksana dan tahu hari esok pada mata anak-anak didiknya.”

40. “Satu guru dapat mengubah dunia, guruku pahlawanku.”

41. “Guru sejati mendedikasikan dirinya sepenuh hati untuk membimbing generasi muda agar lebih berguna.”

42. “Guru sejati memberikan kebahagiaan, keberanian, dan asa.”

43. “Gur-guru terbaik tidak sekadar memberimu jawaban, tetapi mereka memicu keinginanmu untuk menemukan jawabannya sendiri.”

44. “Guru adalah orang tua kedua setelah ayah dan ibu kita. Sudah selayaknya mereka pun ada di dalam doa-doa kita.”

45. “Untukmu guruku, kami tidak pernah bisa cukup berterima kasih atas seluruh dedikasi, kebijaksanaan, dan tanggung jawabmu.”

46. “Tak peduli betapa lelahnya dirimu, tak peduli berapa banyak waktu yang kau korbankan, kau tak pernah sekalipun mengeluh bagi kami. Kau mengajarkan kepada kami untuk tak menyerah demi mencapai cita-cita kami. ”

47. “Guru adalah sebuah jalan dakwah untuk kita menyampaikan ilmu, menanamkan nilai-nilai kebaikan, melatih keterampilan.”

48. “Allah titipkan ilmu melalui kebaikan dirimu, lalu engkau curahkan ilmu itu padaku. Semoga kebaikanmu terus mengalir dan mengantarkanmu ke syurga yang dirindu.”

49. “Kepada guru-guru yang ku hormati, tak henti kami mendoakan, mengisahkan, dan membanggakanmu.”

50. “Guru adalah pahlawan yang membimbing anak-anak Indonesia untuk menjadi penerus Bangsa yang berprestasi. Terima kasih atas kesabaranmu, keikhlasanmu, dan keteguhanmu dalam membimbing kami.”

51. “Terima kasih telah menjadi guru kami dan membimbing ke jalan hidup yang benar.”

52. “Karena guru, kita tahu banyak ilmu. Karena guru, lahir generasi yang cerdas.”

53. “Mempunyai ketetapan, tidak tergoyahkan, berisi dengan berilmu pengetahuan, hingga yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa apa yang dilakukannya adalah benar dan baik.” – Ki Hajar Dewantara

54. “Terima kasih telah sabar mendidikku dan tak pernah lelah membagikan ilmumu kepadaku.”

55. “Seorang guru yang baik yang bisa menerima bayaran nol dan membantu anak-anak berkembang secara fisik, emosional, sosial, secara harfiah adalah malaikat.” – Eva Amurri

56. “Terima kasih karena engkaulah kami dapat membuka jendela dunia.”

57. “Guru itu bukan buruh, guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Hargai gurumu, jayalah generasi bangsamu.”

58. “Guru adalah ujung tombak generasi tunas bangsa, gurulah yang pertama mengukir akan dijadikan apa generasi muda ini.”

Kata-kata bijak untuk guru dari tokoh ternama.

kata bijak untuk guru © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

59. “Dari semua pekerjaan berat, salah satu yang paling sulit adalah menjadi guru yang baik.” – Maggie Gallagher

60. “Pendidikan adalah kunci kesuksesan dalam hidup, dan guru membuat dampak yang langgeng dalam kehidupan siswa mereka.” – Solomon Ortiz

61. “Jalan hidup seorang murid adalah warisan dan estimasi dari sang guru.” – Jiraiya

62. “Jangan setengah hati menjadi guru, karena anak didik kita telah membuka sepenuh hatinya.” – Ki Hajar Dewantara

63. “Satu-satunya tanda eksklusif dari pengetahuan yang menyeluruh adalah kekuatan mengajar.” – Aristoteles

64. “Ketinggian akhlak dan kemajuan seseorang dan kemuliaan budi bisa dilihat dengan cara ia bagaimana memperlakukan dan menghargai seorang guru.” – Ary Ginanjar ESQ

65. “Guru yang baik tahu bagaimana membawa yang terbaik dalam diri siswa.” – Charles Kuralt

66. “Seorang guru yang baik, seperti seorang penghibur yang baik, harus lebih dahulu menarik perhatian penonton, lalu setelah itu baru dia bisa mengajarkan pelajaran.” – John Hendrik Clarke

67. “Seorang guru sekolah harus memiliki suasana kekaguman, dan berjalan dengan penuh rasa ingin tahu, seolah-olah dia takjub menjadi dirinya sendiri.” – Walter Bagehot

68. “Kebajikan atau pengetahuan saja takkan cukup sebagai modal menjadi guru. Anugerah mengajar adalah bakat yang khas dan melibatkan kebutuhan serta hasrat dalam diri sang guru sendiri.” – John Jay Chapman

69. “Hanya satu orang di antara sejuta yang menjadi tercerahkan tanpa bantuan seorang guru.” – Bodhidharma

70. “Guru yang buruk, adalah guru yang berbicara. Sedang guru yang baik, adalah guru yang dapat mentransformasikan ilmunya.” – Lenang Manggala

71. “Guru tidak memberikan kebijaksanaannya, melainkan iman dan cinta kasihnya.” – Kahlil Gibran

72. “Guru berasal dari kata ‘gu’ berarti ‘kegelapan’ dan ‘ru’ berarti ‘menghilangkan’.” – J. Sumardianta

73. “Tanpa guru tak ada sebuah negara.” – Boy Candra

74. “Seorang guru yang luar biasa dan dapat dijadikan harapan untuk menumbuh-kembangkan negeri ini, adalah guru yang berhasil menginspirasi. Dengan karyanya, dengan keteladanannya.” – Lenang Manggala

75. “Satu guru sekolah yang baik lebih banyak berguna daripada seratus imam.” – Thomas Paine

76. “Menghormati guru, seperti menghormati orang tua sendiri. Itulah nilai-nilai bangsa Indonesia yang harus kita jaga.” – Joko Widodo

77. “Kebahagiaan seorang guru ialah ketika melihat muridnya sukses dunia dan akhirat.” – Abdul Somad

78. “Guru yang berhasil adalah guru yang mampu mengantarkan muridnya lebih berhasil darinya.” – Habiburrahman El Shirazy

79. “Guru adalah orang yang mendapatkan sebagian besar dari pelajaran, dan guru sejati adalah pelajar.” – Elbert Hubbard

80. “Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru.” – Lois E. LeBar

81. “Guru adalah siapa pun dia yang ajaran dan didikannya bermanfaat bagi orang di sekitarnya.” – Harly Umboh

82. “Guru dan murid semestinya jadi knowledge bulider. Tidak sekadar knowledge provider dan knowledge acquisitor.” – J. Sumardianta

83. “Seorang guru yang baik dapat menginspirasi harapan, membangkitkan imajinasi, dan menanamkan cinta belajar.” – Brad Henry

84. “Menjadi guru yang aktif dan kreatif harus punya motivasi yang kuat meskipun dengan keterbatasan yang ada.” – Andy F. Noya

85. “Guru medioker kerjanya ngomong. Guru senior kerjanya mendemonstrasikan kewibawaan. Guru terpuji kerjanya menjelaskan perkara rumit dengan cara simpel. Guru hebat kerjanya menginspirasi.” – J. Sumardianta

86. “Guru adalah mereka yang menunjukkan kepada kita apa yang mungkin dalam urutan yang tidak mungkin.” – Paul Valéry

87. “Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum.” – Ki Hadjar Dewantara

88. “Doa guru itu sama kuatnya dengan orang tua.” – Dyah Rinni

89. “Seorang guru yang mencoba mengajar siswanya tanpa memberikan inspirasi agar mereka memiliki hasrat untuk belajar adalah seolah memalu besi yang sudah dingin.” – Horace Mann

90. “Seorang guru berpengaruh selamanya. Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir.” – Henry Brooks Adams

91. “Tantangan menjadi guru itu bukan pada kehebatan dia menguasai teori yang akan diajarkan, melainkan bagaimana memahami sikap siswa dan cara menghadapinya.” – Hengki Kumayandi

92. “Seorang guru bukanlah pemberi kebenaran, dia adalah pemandu, penunjuk jalan menuju kebenaran yang mana harus ditemukan sendiri oleh muridnya.” – Bruce Lee

93. “Ada dua jenis guru, yakni jenis yang akan mengisimu dengan banyak tembakan sehingga kamu tidak bisa bergerak, dan jenis yang memberikan kamu sedikit lecutan di belakang sehingga kamu akan melompat ke langit.” – Robert Frost

94. “Guru yang baik melindungi muridnya dari pengaruhnya sendiri.” – Bruce Lee

95. “Aku seorang guru. Guru adalah seorang pemimpin. Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku. Aku tidak berjalan di atas air. Aku tidak membelah lautan. Aku hanya mencintai anak-anak.” – Marva Collins

96. “Aku selalu bermimpi matahari melahirkan para guru dan guru melahirkan para matahari.” – Abdurahman Faiz

97. “Tugas guru bukan menjejalkan pelajaran, guru harus menghidupkan pengetahuan.” – Najwa Shihab

98. “Guru biasa memberitahukan. Guru baik menjelaskan. Guru ulung memeragakan. Guru hebat mengilhami.” – William Arthur Ward

99. “Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik. Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide. Dari belakang, seorang huru harus memberikan dorongan dan arahan.” – Ki Hadjar Dewantara

100. “Kerja seorang guru tidak ubah seperti kerja seorang petani yang senantiasa membuang duri serta mencabut rumput yang tumbuh di celah-celah tanamannya.” – Abu Hamid Al Ghazali

101. “Seni tertinggi guru adalah untuk membangun kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan.” – Albert Einstein

TINGGALKAN KOMENTAR

Kontak Kami

SMP SATYA DHARMA SUDJANA

Alamat :  Komplek PT. GMP Jalan Raya Menggala KM. 90, Terusan Nunyai, Lampung Tengah, Lampung 34167

Telp. (0725) 561700

Email : info@smpsds.sch.id

Lihat Peta Lokasi : klik disini

Pengumuman Terbaru

PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TP. 2020/2021

Angket Pesertujuan KBM Tatap Muka

Tugas Mana E-Learningku Yang Belum Selesai?